Menggibahi Waktu

“Waktu adalah milik kita, namun datangnya dari Tuhan,” begitu pendapat saya perihal waktu yang Jumat (22/4) ini digibahi di acara peluncuran buku ‘Trik Juara Mengatur Waktu’ karya Zivanna Letisha di Markas Bukalapak, Plaza City View, Kemang, Jakarta Selatan.

Peluncuran buku dan talkshow yang keduanya menggibahi waktu tersebut dibintangi oleh Putri Indonesia 2008 sekaligus penulis buku yang sedang diluncurkan Zivanna Letisha, dan CEO BukaLapak Ahmad Zaky. Keduanya saling membagi cerita tentang waktu yang terus berjalan gontai, yang kerap menimbulkan duri-duri dilema, dan memunculkan tanda tanya: “Waktu berjalan cepat, semua manusia memiliki waktu yang sama porsinya. Namun, mengapa ada manusia yang sukses dalam hidup dan karir, sementara ada juga yang biasa-biasa saja?”

Pertanyaan yang hinggap di benak Zivanna Letisha, kemudian mengantarnya ke layar monitor dan papan ketik. Ia menulis. Tentu, tahap sebuah menulis tidak semudah pergi dan bertatap muka dengan layar monitor sementara jari-jemari bersentuhan dengan papan ketik. Ia menulis. Ia mengingat-ingat kembali pengalamannya. Kenangannya bersama waktu, ia curahkan di layar kosong. Ia menulis.

Selama lima bulan bertatap mesra dengan layar, bersentuhan dengan papan ketik, kemudian terbitlah ‘Trik Juara Mengatur Waktu’ yang dicetak oleh penerbit ternama Gagas Media, yang buku-buku cetakannya menghuni toko buku-toko buku besar, dan tak jarang ada di rak penjualan buku terbaik. Akhirnya, Jumat (22/4) sore yang—kita semua rekan media dan blogger harus bersyukur—didukung semesta karena cuaca yang baik dan tidak turun hujan, peluncuran buku dan penggibahan waktu dilalui dengan khidmat.

Waktu berjalan gontai. Banyak dari kita yang dikejar waktu. Bukan berjalan bersama waktu dan melakukan sesuatu untuk membangun mimpi. Banyak dari kita yang kelelahan dikejar-kejar waktu yang berjalan gontai. Terengah-engah menyusuri lorong-lorong waktu. Dan mendapati diri ini kosong, lelah, pegal, dan tak karuan melawan kecepatan waktu. Mungkin itulah yang menyebabkan kalimat seperti, “Wah, sudah Senin saja, padahal kemarin Minggu,” yang kerap muncul di awal minggu. Kalimat tadi diungkapkan dengan berat hati, sambil ngantuk, dan terpaksa bangkit dari kasur untuk mandi pagi, karena kelelahan begadang semalaman suntuk.

Lelah, lesu, lemah, pegal-pegal, dan keseleo, mungkin tidak akan terjadi apabila kita rajin minum sangobion bisa mengatur waktu. Banyak dari kita yang bertanya, “Mengatur waktu? Bagaimana caranya? Apakah semudah mengatur settingan di ponsel android?”

Zivanna Letisha, dalam acara penggibahan waktu tersebut menjawab, “Mengatur waktu sama artinya seperti battle dengan diri sendiri,” dalam artian, tidak semudah menyetting ponsel android agar bisa terkoneksi dengan wifi di kantor BukaLapak, misalnya. Perlu ada cara tersendiri. Langkah awalnya adalah, mengetahui dan mengenali diri sendiri. Jawaban Putri Indonesia 2008 itu mengatakan ada ‘battle’ dengan dirinya sendiri ketika mengatur waktu. Nah, bila kita ingin mengalahkan lawan, kenali dulu siapa lawan kita. Tanpa mengenali siapa lawan kita dan tekad yang kuat untuk melawan, kita tidak akan menang.

Waktu berjalan gontai. Dan kita jangan berjalan membungkuk di belakangnya atau berpeluh-peluhan dikejar waktu. Masih banyak cara berkawan dengan waktu. Merangkul ia dan mengajaknya membangun mimpi demi masa depan cemerlang. Mengajaknya berjalan santai hingga sampai ke tujuan. Caranya? Anda bisa pergi ke toko buku menggunakan kendaraan atau kuota internet dan segera membaca ‘Trik Juara Mengatur Waktu’ karena saya pun harus memulai berkawan dengan waktu dengan… tidur bersama waktu. Esok pagi, ketika udara masih segar, baru deh baca bukunya Zivanna Letisha.

:))

Processed with VSCO

Foto launching buku ‘Trik Juara Mengatur Waktu’ 

PS: Peluncuran buku saya kapan-kapan deh. Doain aja :”)

 

Depok, 22 April 2016

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s